Simak Berbagai Peristiwa dan Peringatan yang Ditetapkan pada Tanggal 8 November, Apa Saja Ya?

Rabu 08-11-2023,18:44 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Setiap 8 November memperingati berbagai peristiwa penting. Tanggal 8 November 2023 jatuh pada hari Rabu, di pekan kedua bulan November dalam penanggalan Masehi. 

Diketahui pada hari ini, Tanggal 8 November 2023 jatuh pada hari Rabu dan bukanlah tanggal merah atau hari libur. Dalam sejarahnya, 8 November terdapat berbagai peristiwa dan juga peringatan penting, yaitu:

Hari Perencanaan Kota Sedunia

Memiliki sejarah yang menarik karena didirikan oleh profesor asal Argentina Carlos Maria della Paolera. Pada tahun 1949, di Buenos Aires, peringatan Hari Perencanaan Kota Sedunia 8 November dimulai dengan kedatangan para perencana dari 30 negara yang berkumpul untuk merayakan peristiwa tersebut.

Hari Radiologi Internasional 

Sejarah 8 November 1895 menjadi hari dimulainya Hari Radiologi Internasional. Pada hari tersebut, Wilhelm Conrad Röntgen, seorang insinyur mesin dan fisikawan Jerman, secara tidak sengaja menemukan sinar-X saat mempelajari sinar katoda. Penemuan ini kemudian membentuk fondasi untuk spesialisasi medis radiologi.

BACA JUGA:

Hari Radiografi Sedunia

Pada tanggal 8 November diperingati sebagai Hari Radiografi Sedunia, yang dirayakan setiap tahun untuk memperingati ulang tahun temuan sinar-X yang menjadi landasan perkembangan radiografi.

Sinar-X merupakan dasar dari banyak alat diagnostik medis dan membantu dokter menemukan berbagai masalah. Yang mengagumkan adalah mereka melakukan ini dalam hitungan menit dan tanpa rasa sakit. Hari ini juga merayakan para radiografer dan ahli radiologi yang bekerja keras yang memungkinkan dilakukannya rontgen.

Hari Pianis Sedunia

8 November juga dikenal sebagai Hari Pianis Sedunia, atau Hari Pianis Sedunia. Setiap tahun, para pianis dan pencapaian mereka diperingati pada hari tersebut. Hari Pianis menjadi kesempatan di mana orang menghargai keindahan musik yang dibuat oleh para pianis di seluruh dunia.

Sebagai Hari Cappuccino

Cappuccino dikenal sebagai sajian minuman yang sangat terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pada 8 November setiap tahunnya ternyata diperingati sebagai Hari Cappuccino Sedunia.

Peringatan Hari Cappuccino ini tentunya membuat publik mengenal jauh lebih dalam terkait sajian Cappuccino dan bagaimana rasa tersebut bisa terbentuk. Berdasarkan informasi dari indocafe.co.id, Cappuccino merupakan minuman kopi yang berpadu dengan susu dan foam susu.

Kategori :