Danau Batur, Salah Satu Wisata Bali Dengan Eksotisme Alam yang Memukau

Rabu 18-10-2023,18:55 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

Suatu ketika tiba musim panceklik yang menyebabkan seluruh panen gagal. Hal ini membuat warga sangat khawatir terhadap Kebo Iwa yang bisa mengamuk karena kekurangan makanan. Untuk menghindari amukan Kebo Iwa, warga menyusun sebuh rencana untuk melenyapkannya.

Rencana mereka dimulai dengan mencoba merayu Kebo Iwa untuk membantu membangun desa. Tawaran tersebut disanggupi oleh Kebo Iwa karena dijanjikan makanan sebagai imbalannya.

Tanpa menaruh rasa curiga Kebo Iwa mulai membangun rumah warga dan sumur desa, sedangkan warga mulai sibuk mengumpulkan batu kapur hingga menumpuk banyak.

BACA JUGA:

Saat penggalian sumur, Kebo Iwa tanpa sadar sudah menggali sangat dalam hingga merasa kelelahan dan berencana untuk beristirata sebentar. Ditengah istirahatnya, tanpa disadari Kebo Iwa tertidur pulas hingga mendengur sangat keras.

Mendengar dengkuran tersebut, warga desa menyadari bahwa Kebo Iwa sedang tertidur pulas. Kesempatan ini langsung digunakan oleh warga desa untuk membuang batu kapur yang mereka kumpulkan ke dalam sumur hingga menumpuk tinggi.

Tanpa Kebo Iwa sadari, batu kapur tersebut tercampur dengan air sumur yang membuat Kebo Iwa tidak bisa begerak dan membuat dirinya tenggelam hingga sulit untuk bernafas. Kebo Iwa terkubur hidup-hidup didalam sumur yang ia gali sendiri. 

Luapan air sumur itu membanjiri desa dan membentuk danau. Danau tersebut dinamakan Danau Batur. Tumpukan kapur yang tinggi menjadi gunung yang dikenal Gunung Batur.

Eksotisme Alam di Danau Batur yang Memukau

Sebagai danau terbesar di Bali, sudah pasti banyak sekali hal menarik yang bisa kalian temukan dan lakukan di Danau Batur ini. 

BACA JUGA:

Dilansir dari berbagai sumber, inilah hal menarik yang bisa kalian rasakan serta nikmati saat berkunjung ke tempat wisata Danau Batur: 

Keindahan danau dan pegunungan Batur

Danau Batur berada di kaki Gunung Batur, sehingga pemandangan gunungnya bisa dilihat dari danau ini. Permukaan air yang tenang dengan latar belakang puncak Gunung Batur yang megah menjadi panorama indah yang bisa kalian nikmati.

Air danau batur ini bisa berubah warna tergantung kadar belerang yang terkandung di dalamnya. Terkadang air danau ini terlihat berwarna kebiru-biruan, namun bisa juga berubah menjadi hijau kekuning-kuningan. 

Menikmati suasana yang menenangkan, dengan udaranya yang sejuk, membuat para pengunjung betah berlama-lama di Danau Batur ini. Kalian juga bisa menikmati panorama Danau dengan berkeliling menggunakan perahu yang disewakan oleh penduduk.

Kategori :