Inilah 10 Tips Diet Sehat Dengan Kopi, Dijamin Ampuh Serta Terbukti Efektif

Rabu 11-10-2023,22:06 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

Oleh karena itu, ada baiknya memilih kopi dengan kafein yang memiliki tingkat kecenderungan rendah, sehingga mampu mengurangi nafsu makan, juga tidak memiliki kesulitan memejamkan mata akibat kelelahan. Waktu untuk mengkonsumsi kopi lebih baik 3 atau 4 jam sebelum waktu tidur tiba.

 

4. Konsumsi kopi rendah gula dan krim

Menjalankan program diet sehat, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi dengan kadar gula dan krim yang rendah. Karena apabila mengkonsumsi kopi dengan kadar gula dan krim yang tinggi justru akan terjadi penumpukan lemak didalam proses metabolisme tubuh. Sehingga bukan penurunan berat badan yang terjadi  tetapi malah sebaliknya. 

 

 

5. Harus diimbangi dengan air putih

Diet alami dengan kopi harus di imbangi dengan kadar minum air putih yang seimbang. Mengapa? Hal ini dikarenakan kopi sendiri memiliki sifat diuretik. Sifat ini merupakan sifat zat yang merusak tubuh. Diuretik mampu menyebabkan pengkonsumsinya kehilangan banyak cairan yang dibutuhkan tubuh, Oleh karena itu, walaupun kita meminum kopi yang berbahan dasar air, kita akan tetap merasakan dehidrasi apabila jumlah konsumsi air putih yang masuk dalam tubuh tidak seimbang

Sehingga, para ahli sangat mengajurkan bagi mereka yang sedang menjalankan diet kopi agar tetap minum air putih dengan kadar yang telah dianjurkan yaitu 18 liter per hari atau lebih. Agar cairan yang masuk ke dalam tubuh jumlahnya tetap sama dan tidak mengganggu proses metabolism tubuh meskipun anda sedang dalam diet program kopi.

 

6. Minum Kopi bersama Konsumsi Salad

Sudah banyak cara diet yang menganjurkan konsumsi salad sebagai pengganti nasi. Hal ini dikarenakan campuran sayuran terbaik dalam salad, disertai dengan jumlah mayonnaise yang di campurkan bisa membantu mengenyangkan perut tanpa harus menambah berat badan. Bahkan, konsumsi salad mampu menyeimbangkan berat badan sehingga mencapai tubuh yang ideal sesuai tinggi badan. Kemudian, meminum kopi setelah mengkonsumsi salad, apalagi di malam hari, amat sangat dianjurkan. Keduanya sama – sama mampu meredusi jumlah lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

 

7. Meminum Kopi Campuran

Kopi campuran adalah jenis kopi yang banyak dikemas menjadi bentuk sachet. Kopi bentuk ini dapat ditemukan di supermarket atau toko terdekat. Seperti campuran kopi rasa capucino, mocacino, kopi luwak, dan lain sebagainya. Berbagai jenis kopi ini juga dinilai memiliki tingkat keefektifan yang tinggi untuk membantu menurunkan berat badan, juga mengekang nafsu makan untuk tidak mengemil makanan ringan.

 

 

8. Imbangi dengan Olahraga

Diet kopi untuk menurunkan berat badan tidak akan efektif apabila tidak dilakukan dengan olahraga yang rutin. Meminum kopi sangat dianjurkan sebelum melakukan olahraga. Karena kafein yang sejatinya bisa membakar lemak, dibantu dengan olahraga yang cukup mampu meredusi jumlah lemak lebih banyak dan cepat dibandingkan tanpa melakukan olahraga sama sekali. Bahkan, meminum kopi sebelum olahraga juga mampu meningkatkan fokus, stamina, serta energy yang dibutuhkan tubuh sebelum berolahraga.

 

9. Konsumsi dalam Batas Wajar

Walaupun kita dituntut untuk melakukan diet kopi agar mampu  mengurangi jumlah lemak di dalam tubuh, bukan berarti kita harus mengkonsumsi kopi dalam jumlah di atas normal. Karena, apabila kadar konsumsi kopi melebihi batas yang bisa diterima tubuh, akan menimbulkan gejala depresi bagi yang meminumnya. Akibatnya, akan terjadi peningkatkan nafsu makan yang berlebihan akibat gejala depresi tersebut. konsumsilah kopi sekitar 200 ML per harinya.

Kategori :