Mudah dan Gak Ribet, Cara Membuat Novel di HP dengan Praktis dan Kreatif, Ada Aplikasinya Lho!

Jumat 06-10-2023,19:28 WIB
Reporter : Bianca C.
Editor : Dimas Satriyo

 

d).  Kumpulkan Beberapa Pos dan Jadikan 1 Buku

Jika sudah terkumpul banyak di blogger, dan kamu ingin membuatnya dalam sebuah buku. Kamu bisa satukan tulisan yang ada di blog dengan cara copy paste ke ms Words, dan lakukan editing. 

Proses editing dari aplikasi ke bentuk buku fisik itu berbeda. Setidaknya kamu harus mengedit dan memperhatikan sedetail mungkin. Karena pihak penerbit tidak akan menerima naskah yang asal-asalan. Penerbit akan menerima naskah yang benar-benar sudah rapi, baik, dari segi ide unik dan bisa dipahami oleh pembaca. 

 

e).  Editing dan Tambah Ilustrasi

Di tahap editing kamu juga boleh menambahkan ilustrasi juga loh. Fungsinya agar tulisan menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Ilustrasi terbukti efektif menarik perhatian dan mengurangi rasa bosan bagi pembacanya. 

 

3.  Menggunakan Aplikasi Penulis Novel

Cara membuat novel di HP masih ada rekomendasi lagi. Pernahkah kamu mendengar Wattpad? Fictum? Ternyata ada beberapa aplikasi yang khusus untuk menulis novel. Banyak penulis-penulis terkenal dan besar yang mengawali karir menulis novel dari sana loh. 

Aplikasi penulis novel paling umum dan paling banyak digunakan untuk saat ini ada wattpad. Namun ada beberapa aplikasi penulis novel lain, sebagai berikut. 

 

a).  Wattpad

Wattpad adalah aplikasi yang sudah didirikan sejak 2006 yang lalu. Aplikasi ini banyak tidak hanya dimanfaatkan untuk menulis novel saja, tetapi juga untuk menulis cerpen, puisi. Jadi buat kamu yang ingin menjadi penulis dan ingin saling follow sesama penulis, bisa masuk ke aplikasi satu ini.

 

b).  Fictum

Selain wattpad, ada platform menulis online lain yang disebut dengan fictum. Bisa dibilang cara bergabung ke fictum cukup ketat, tidak sebebas wattpad. Cara bergabung ke fiktucum seperti alur mengjukan naskah ke penerbit. 

Jadi kamu harus memiliki naskah minimal 5.000 kata. Kemudian kamu perlu mengirimkan ke email editor mereka. Selama 10-15 naskah kamu akan di cek dan seleksi. Jika lolos, kamu baru bisa bergabung ke aplikasi menulis novel online ini. Oh iya, masih ada satu lagi, di sini juga kamu akan mendapatkan kontrak juga loh.

 

c).  Noveltoon

Berbeda lagi aplikasi noveltoon. Nah, aplikasi lebih mirip seperti dengan wattpad. Bedanya, jika wattpad kamu bisa menulis novel sekaligus bisa membaca karya orang lain. Sementara pada noveltoon hanya diperuntukan untuk membaca novel gratis. Dimana ada ratusan ribu karya yang karyanya bisa kamu baca secara secara gratis dan banyak berbagai macam genre. 

Tapi tenang, kamu juga bisa tetap menjadi bagian penulis di dalamnya. Menariknya dari aplikasi satu ini, author atau penulis berbakat akan mendapatkan pendapatan lewat hasil iklan. Selain dari iklan, kamu penulis juga bisa dapatkan uang berdasarkan reward dan banyak sedikitnya jumlah pembaca.

Kategori :