Simak! Cara Membeli Materai Elektronik Dan Cek Keaslian Materai

Senin 25-09-2023,16:22 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Dimas Satriyo

Materai Elektronik -  Kehadiran e-meterai memberikan kemudahan dan kepastian hukum dalam membayar bea materai yang terutang atas dokumen elektronik. Masyarakat tak perlu lagi repot-repot membeli meterai tempel dan menggunakannya ke dokumen fisik karena sudah ada e-meterai.

Meterai elektronik atau e-Meterai merupakan meterai berupa label yang penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem meterai elektronik.

e-Meterai ini dapat diperoleh di beberapa situs resmi yang telah terdaftar seperti, PT Peruri Digital Security, PT Finnet Indonesia, PT Mitra Pajakku, PT Mitracomm Ekasarana, dan Koperasi Pegawai Swadharma.

Sekarang, meterai elektronik bisa Anda beli dengan mudah secara online. Sayangnya, bila tidak hati-hati, Anda berisiko mendapatkan e-Meterai palsu. Efeknya, dokumen dengan meterai palsu tidak diakui dan Anda berpotensi terkena sanksi.

BACA JUGA:

Meski begitu, ada pula oknum tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja memalsukan e-Meterai tersebut. Tindakan ini tentu akan merugikan si pembeli. Selain karena kerugian uang yang harus dikirimkan untuk membeli e-meterai palsu tersebut, pembeli juga rawan terkena risiko kebocoran data.

Berikut ciri-ciri e-Meterai asli dan resmi:

  • Mempunyai nomor seri yang berfungsi sebagai kode unik meterai elektronik
  • Adanya representasi tertentu dari lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila
  • Adanya tulisan METERAI ELEKTRONIK dengan huruf kapital
  • Ada angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai, yakni 10000 dan SEPULUH RIBU RUPIAH

 

  • Cara Cek Meterai Elektronik Asli

Masih ragu mengenai keaslian meterai elektronik yang barusan kamu beli? Berikut cara cek keaslian e-Meterai di dokumen kamu:

BACA JUGA:

  1. Kunjungi https://verification.peruri.co.id/index
  2. Upload dokumen yang sudah Anda bubuhi e-Meterai
  3. Centang I’m not a robot dan selesaikan CAPTCHA
  4. Tunggu proses pengecekan berjalan
  5. Bila e-meterai di dokumen tersebut asli, maka akan muncul keterangan Valid dengan informasi terkait lain, seperti tanggal, serial number, dan semacamnya.

 

Cara Membeli E-Meterai Online

Untuk membeli e-meterai online dapat dilakukan melalui website resmi e-meterai oleh Perum Peruri. Langkah-langkahnya pun cukup mudah dengan mengikuti panduan yang ada di website tersebut. Untuk mengetahuinya, berikut ini panduan langkah-langkah cara membeli e-meterai online:

  • Buka laman resmi https://e-meterai.co.id/
  • Klik menu "BELI E-METERAI"
  • Lakukan login dengan memasukkan email dan password atau jika baru pertama kali, maka klik "Daftar di sini" untuk membuat akun
  • Pilih tipe pemilik akun dan lanjutkan dengan unggah KTP dengan ukuran maksimal 1 MB
  • Lanjutkan dengan pengisian data diri dan unggah dokumen lainnya
  • Masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau e-mail untuk proses validasi
  • Setelah validasi, lakukan pembelian e-meterai sesuai keinginan.

Selain secara online, cara membeli e-meterai juga bisa dilakukan secara offline dengan langsung mendatangi kantor cabang Bank BUMN dan bank swasta.

Kategori :