Untuk Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Timnas Indonesia U-23 Lolos Final Piala Asia

Jumat 15-09-2023,19:10 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

Timnas Indonesia U-23 Lolos  Final Piala Asia - Timnas Garuda U-23 asuhan Shin Tae-yong ini berhasil mencetak sejarah baru dalam dunia sepak bola Indonesia. Squad Garuda menang melawan Turkmenistan dengan skor 2-0 yang membuat mereka lolos ke putaran final Piala Asia 2024 nanti.

Ivan Jenner menyumbang gol di babak pertama yang disusul oleh Arhan Pratama dengan cetak gol yang apik pada babak kedua.

Ivar Jenner, pemain yang telah dinaturalisasi, membuka skor pertandingan Indonesia melawan Turkmenistan.

Ini adalah gol pertamanya sejak menjadi bagian dari tim nasional. Pemain yang berasal dari Utrecht tersebut melepaskan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Bola mengenai salah satu pemain Turkmenistan dan berubah arah, dengan sempurna masuk ke gawang. Selama pertandingan, Ivar juga memperlihatkan peran sentralnya dalam mengendalikan permainan Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-23 ini memang permainannya tidak perlu diragukan lagi, dengan permainan yang terus membaik, taktik yang bisa melumpuhkan lawan, sehingga hasilpun tidak menghianati usaha yang mereka lakukan.

BACA JUGA:

Piala Asia U-23 akan dilaksanakan di Qatar pada tahun depan. Timnas Indonesia U-23 mencatat raihan sempurna untuk mengiringi kelolosan ke Piala Asia yang menyapu dua laga fase grup dengan kemenangan sekaligus.

Kemenangan Indonesia melawan Turkmenistan membuat dua tim ASEAN lolos. Indonesia mengikuti jejak Vietnam yang juga berhasil melaju ke Piala Asia U-23 setelah berhasil mengalahkan Turkmenistan.

Vietnam, rival kuat Indonesia, sudah lebih dulu memastikan diri sebagai peserta Piala Asia U-23 2024, sementara Thailand dan Malaysia juga masih memiliki kesempatan untuk menyusul mereka.

Keberhasilan Timnas U-23 juga tidak bisa terwujud tanpa otak emas pelatihnya, yakni Shin Tae-yong. Shin Tae-yong berhasil menorehkan sejarah baru bagi Indonesia.

Shin Tae-yong mencatat pencapaian bersejarah bagi dirinya sendiri dengan menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa tiga tim nasional Indonesia berbeda melaju ke Piala Asia. Ini termasuk tim senior, tim U-23, dan tim U-20.

Rekor ini nampaknya akan menjadi tantangan yang sulit diatasi oleh pelatih lain.

Harapan baru bagi segenap masyarakat Indonesia untuk timnas U-23. Maju terus sepak bola Indonesia! *** (Nadya Azka)

Kategori :