Hukum Merayakan dan Memberi Hadiah Ulang Tahun dalam Islam

Selasa 12-09-2023,06:44 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

Hukum Merayakan dan Memberi Hadiah Ulang Tahun - Hukum Merayakan Ulang Tahun - Anda tentu sering mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari teman, saudara atau pacar.

Bahkan seringkali mendapatkan ucapan dalam bahasa Arab, Barakallah fii Umrik, atau pernah melihat ucapan di media sosial.

Mengucapkan barakallah fii umrik pada sehabat atau saudara yang sedang berulang tahun bertujuan untuk mendoakan yang bersangkutan. Jadi tidaklah salah dalam mengucapkan kepada teman, sahabat atau saudara yang sedang berulang tahun.

Namun, apakah arti dari "barakallah fii umrik"? Ada baiknya mengetahui dengan benar arti sesungguhnya, agar tidak hanya mengucapkan di mulut saja.

Arti Barakallah fii Umrik

Barakallah Fii Umrik mempunyai makna semoga Allah memberkatimu. Oleh karena maknanya yang baik, banyak orang yang menggunakannya sebagai ucapan hari spesial dan penuh harapan.

Lalu, bagaimana menurut pandangan Islam mengenai pengucapan ini?

BACA JUGA:

Menurut Imam Bukhari dalam sebuah riwayat, bahwa sewaktu sahabat Ka'ab bin Malik menerima kabar gembira dari Rasulullah SAW mengenai penerimaan taubatnya. Sahabat Thalhah bin Ubaidillah menyampaikan kepadanya ucapan selamat (tahniah). Berdasarkan riwayat tersebut, maka hukum peringatan ulang tahun adalah mubah, bahkan sebagian ulama mengatakan sunnah.

Radulullah SAW memberi kabar tentang diteimanya taubat Lalu para sahabat menemui Ka'ab bin Malik secara nerkelompok dan mengucapkan "selamat atas diterimanya taubatmu oleh Allah SWT"(HR al-Bukhari)

Barakallah Fii Umrik memiliki makna yang baik, dan alangkah baiknya jika kita menjawabnya dengan kebaikan pula.

Ada beberapa doa yang dapat disampaikan untuk menjawab atau membalas ucapan barakallah fii umrik, antara lain:

  • Wa Fiika Barakallah: Semoga Allah juga memberkahimu (pria).
  • Wa Fiiki Barakallah: Semoga Allah juga memberkahimu (wanita).
  • Wafiikum Barakallah: Semoga Allah juga memberkahi kalian semua (Jamak).

Hari ulang tahun adalah hari yang berkesan, wajar jika ingin memberi ucapan yang berisi doa dan harapan.

Hukum Merayakan dan Memberi Hadiah Ulang Tahun

Menurut beberapa ulama, hukum mengucapkan selamat ulang tahun adalah mubah. Namun, ada pula ulama yang mengatakannya hukumnya sunnah dengan catatan tidak melakukan hal-hal munkar didalamnya.

Kategori :