Intip Daftar Mata Uang Termurah di Dunia, Adakah Indonesia?

Rabu 01-11-2023,05:00 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Reza Fahlevi

Mata uang terendah nomor 5 yaitu Rupiah yang merupakan mata uang negara tercinta, namun Indonesia tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Karena Indonesia sangat bergantung pada pasar ekspor, jatuhnya harga komoditas di dunia pun turut berperan besar dalam menyebabkan penurunan nilai mata uang Rupiah. Per Juni 2023, nilai tukar Rupiah adalah senilai IDR14.877,04 untuk 1 Dolar AS.

6. Franc Guienea ( GNF )

Walaupun kaya akan hasil tambang seperti Mineral, Emas, Berlian dan Aluminium lantas tak membuat Negara Afrika tersebut mengalami lonjakan nilai mata uang.

Angka kemiskinan  serta nilai inflasi yang masih relatif tinggi dan terus meningkat menempatkan negara ini termasuk dalam salah satu Negara dengan nilai mata uang terendah. Per 7 Juli 2023 untuk 1 dolar AS sama dengan 8.650 GNF

Mata uang negara ini yaitu Franc Guinea yang memiliki nilai yang setara dengan 0,000120 Dolar AS, menunjukkan kelemahan nilai tukar yang signifikan. 1 Franc sama dengan 0,000120 Dolar AS.

7. Som Uzbekiztan ( UZS )

Negara Uzbekiztan tercatat memiliki perekonomian yang lemah. Hal itu yang mengakibatkan nilai mata uang negaranya termasuk dalam nilai mata uang terendah.

Oleh karena itu banyak upaya telah dilakukan oleh pemerintah Uzbekiztan dalam mengatasi hal tersebut namun belum ada yang berhasil.

8. Bolivar Venezuela ( VES )

Venezuela merupakan negara yang terletak di ujung utara Amerika Selatan

Negara ini telah beberapa kali mengalami inflasi. Akibatnya hal tersebut juga berpengaruh terhadap nilai mata uangnya.

9. Guarani Paraguay (PYG)

Di urutan ke 9 ditempati oleh negara Paraguay yang memiliki mata uang bernama Guarani.

Paraguay merupakan negara yang berasal dari Amerika Selatan.

Bila dikonversikan 1 Guarani memiliki nilai sebesar 0,000140 Dolar AS, sehingga 1 Dolar AS setara dengan 7.252 PYG.

10. Shilling Uganda (UGX)

Mata uang terendah terakhir dihuni oleh negara Uganda.

Uganda memiliki mata uang yang bernama Shilling, bila dikonversikan 1 Shilling setara dengan 0,000270 Dolar AS. Hal ini yang menyebabkan Shilling milik negara Uganda menjadi mata uang terendah di dunia.

Kategori :