Inilah Buah-Buahan Yang Dapat Dikonsumsi Untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Rabu 16-08-2023,14:46 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

Buah Untuk Tekanan Darah Rendah  -  Makanan untuk penderita darah rendah yang paling baik adalah berbagai jenis sayur dan buah. Namun, tentunya tidak semua jenis sayur dan buah memiliki berbagai kandungan yang dapat mengatasi masalah pada penderita darah rendah ini.

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah seseorang di bawah batas normal. Saat tekanan darah seseorang di bawah normal terjadi, organ jantung tidak dapat memasok darah dalam jumlah yang cukup ke seluruh tubuh. 

Hal tersebut dapat menjadi pemicu komplikasi penyakit serius bahkan hingga stroke. Pengobatan darah rendah dapat dilakukan dengan obat-obatan.

Tekanan darah normal berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Jika tekanan darah seseorang di bawah 90/60 mmHg, maka orang tersebut dikatakan mengalami darah rendah.

Ada beberapa gejala yang menandakan kamu sedang mengalami darah rendah, seperti pusing, mual, lemas, hingga pandangan kabur.

BACA JUGA:

Kurangnya asupan cairan dan nutrisi, seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B12 bisa menjadi penyebab utama tekanan darah rendah, alias hipotensi.

Untuk itu, asupan makanan dan cairan yang cukup bisa membantu mengatasi kondisi ini. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan tekanan darahmu.

Berikut ini adalah, beberapa buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita darah rendah. Simak yuk!

Semangka

  • Semangka merupakan, salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan cairan tubuh kembali normal. Selain itu, semangka juga mengandung antioksidan likopen yang baik untuk menghilangkan radikal bebas pada aliran darah.

Buah Bit

  • Buah bit kerap digunakan sebagai pewarna makanan alami pada beberapa hidangan. Padahal, buah ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga untuk menormalkan tekanan darah rendah. Buah bit merupakan sumber folat yang dapat mencegah terjadinya anemia. Saat mengalami anemia, tekanan darah juga dapat ikut menurun. Maka dari itu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi buah ini.

Mentimun

  • Mentimun dapat dengan mudah ditemukan sebagai lalapan, acar, dalam rujak, gado-gado, dan sebagainya. Timun merupakan salah satu buah yang juga mengandung kadar air tinggi. Dalam satu buah timun bisa mengandung air sebanyak 96%, sehingga menjadi salah satu makanan untuk penderita darah rendah.

Stroberi

  • Stroberi adalah buah yang mengandung flavonoid, senyawa yang dapat membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa menikmati stroberi sebagai buah segar atau menambahkannya sebagai topping pada salad atau oatmeal.

Jeruk

  • Jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C dan flavonoid. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darahmu, sedangkan flavonoid dapat membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan tekanan darah. Kamu bisa menikmati jeruk sebagai buah segar atau membuatnya menjadi jus yang segar.

BACA JUGA:Simak! Ciri - Ciri Darah Tinggi Naik Serta Tips Turunkan Tekanan Darah

Blueberry

  • Blueberry adalah buah yang mengandung flavonoid dan antioksidan. Kandungan flavonoid dalam blueberry dapat membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan tekanan darah. Kamu bisa menikmati blueberry sebagai buah segar atau menambahkannya sebagai topping pada oatmeal atau yogurt.

 

Pisang

  • Seseorang juga dapat mengalami tekanan darah rendah akibat tubuhnya yang kekurangan folat. Maka dari itu, pisang dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, pisang memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga tekanan darah rendah dapat diatasi. Selain itu, beberapa kandungan di pisang, seperti potasium dan vitamin B6 dapat membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah.

Nanas

  • Nanas mengandung senyawa bromelain yang dapat membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, nanas juga mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa menikmati nanas sebagai buah segar atau membuatnya menjadi jus yang segar.

 

Jambu biji

  • Jambu biji mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jambu biji juga mengandung senyawa polifenol dan kalium yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah. Kamu bisa menikmati jambu biji sebagai buah segar atau membuatnya menjadi jus yang sehat.

Itulah, sejumlah buah-buahan yang dapat kamu konsumsi untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Hal terpenting adalah menjaga tekanan darah tetap normal dengan memilih makanan atau buah yang dianjurkan serta menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.***

Kategori :