Mukjizat Nabi Yahya Harus Kita Ketahui

Senin 17-07-2023,19:22 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA -  Nabi Yahya merupakan salah satu dari 25 nabi dan Rosul yang diberikan Allah tugas untuk menyampaikan wahyu bagi diri sendiri dan ummatnya. Nabi Yahya lahir ketika ayahnya yaitu Nabi Zakaria memasuki usia lanjut. 

Ketika Nabi Yahya lahir, Allah membekali beliau dengan kemampuan luar biasa dalam mengetahui syariat. Sejak kecil Nabi Yahya sudah bisa memutuskan perkara yang ada dalam kehidupan manusia.

Di kalangan bani Israil, Nabi Yahya dikenal sebagai ahli agama dan hafal kitab Taurat. Beliau juga sosok yang begitu berani mengambil keputusan, tidak takut akan hinaan dan tidak menghiraukan setiap ancaman dari penguasa dalam usaha yang sedang dijalankannya untuk menegakkan kebenaran.

BACA JUGA:Kisah Nabi Luth Dan Kaum Sodom

Dalam kisahnya ia dikenal sebagai seorang nabi yang menyampaikan dakwah tentang keimanan dan taubat kepada Allah SWT. Selain itu, Nabi Yahya juga dikenal sebagai seorang yang mengajarkan kesederhanaan dalam hidup dan menyerukan keadilan kepada manusia.

Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Yahya AS yaitu dapat hafal kitab sejak usia belia. Hal ini dibuktikan, karena sejak masih kanak-kanak ia sangat suka membaca dan menggali ilmu.

Berbeda dengan anak seusianya yang menghabiskan waktu dengan hal-hal tidak berguna, ia tampak serius dan sering memberi makan burung dan binatang-binatang.

BACA JUGA:Simak Kisah Nabi Yahya Yang Perlu Kita Teladani Semasa Hidup

Selain itu, di kalangan bani Israil ia dikenal sebagai ahli agama dan mampu menghafal Taurat yang menjadi kitab suci kaum Bani Israil. Dalam Al Quran QS. Maryam ayat 12-15 menjelaskan tentang keistimewaan yang dimiliki oleh Nabi Yahya as:

Artinya: “Wahai Yahya! Ambillah (pelajarilah) Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Dan Kami berikan hikmah kepadanya (Yahya) selagi dia masih kanak-kanak, dan (Kami jadikan) rasa kasih sayang (kepada sesama) dari Kami dan bersih (dari dosa)".

Mukjizat Nabi Yahya

Kendati hidupnya singkat, tetapi Allah memberikan sejumlah mukjizat kepada Nabi Yahya semasa hidupnya. Berikut mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Yahya.

1. Mewarisi ilmu dan kenabian Nabi Zakaria

Menurut Buku Dahsyatnya Doa Para Nabi: Mengungkap Rahasia Kemustajaban Doa Para Nabi dan Keutamaannya untuk Diamalkan karya Syamsuddin Noor, Nabi Yahya mendapat mukjizat berupa warisan ilmu dan kenabian Nabi Zakaria. Bahkan, Allah telah memberikan mukjizat ini sejak Nabi Yahya masih kecil. Maka dari itu, ia taat kepada Allah sejak masih kanak-kanak dan senang beribadah kepada-Nya.

BACA JUGA:Surat Al Baqarah Ayat 1 - 10 Lengkap dengan Latin dan Artinya

Kategori :