Alasan Orang Terlalu Memilih Pekerjaan, Salahkah?

Kamis 06-07-2023,23:25 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan, baik itu SMA, Kejuruan ataupun Perguruan Tinggi, umumnya seseorang akan berusaha mendapatkan pekerjaan dengan cara mencari perusahaan yang membuka lowongan baik secara online ataupun mengirimkan langsung ke perusahaan yang dituju berada.

 

Pada kenyataannya, akan ada orang yang mendapatkan apa yang ia inginkan sesegera mungkin, tetapi banyak pula orang yang justru masih memilih pekerjaan karena merasa dirinya pantas untuk mendapatkan yang lebih baik.

Hal tersebut tidak dapat disalahkan mengingat orang yang berwatak terlalu memilih seperti itu akan ada beberapa alasan tersendiri yang melatarbelakanginya.

BACA JUGA:Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Banyak Mendapatkan Peluang Pekerjaan Dimasa Depan

 

Berikut adalah beberapa alasan yang dimaksud :

 

  1. Kemampuan yang dimiliki masih terbatas.
    • Hal ini umumnya dirasakan oleh para lulusan baru baik dari SMU, Kejuruan ataupun Perguruan Tinggi yang baru saja menginjakkan kaki di dalam dunia kerja yang sebenarnya. Akan sulit bagi mereka untuk meyakinkan Perusahaan bahwa diri mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.
      Maka, untuk menghindari hal ini, tidak ada salahnya jika para lulusan baru juga mengiringi langkah dengan mengasah kemampuan melalui pelatihan – pelatihan. Sehingga kemungkinan menarik perhatian pemberi kerja akan semakin lebar.

      BACA JUGA:Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Benar, untuk Melamar Pekerjaan
  2. Merasa Pekerjaan Tidak sesuai dengan Gelar yang dimiliki.
    • Orang akan berusaha mendapatkan pekerjaan sesuai dengan gelar yang didapatkannya secara susah payah. Tetapi sebenarnya bukan merupakan hal yang salah jika mencoba pekerjaan yang tidak sesuai gelar. Karena hal tersebut dapat menjadi pengalaman baru dan kemampuan baru, meskipun biasanya akan dimulai dari jabatan yang rendah.
  3. Gaji Yang Ditawarkan tidak sesuai keinginan.
    • Bicara mengenai gaji atau kompensasi dari pekerjaan tentunya semua orang ingin mendapatkan gaji yang cukup tinggi setiap bulannya. Hal tersebut tentunya perlu dipikirkan dengan mengingat kelayakan upah dengan pekerjaan yang dibebankan. Tentunya perusahaan akan menyesuaikan, jika kinerja terbukti bagus maka akan diikuti dengan peningkatan besaran nilai gaji.
  4. Menginginkan Lokasi Kerja yang dekat dengan rumah.
  5. Tidak memiliki Kualifikasi yang dibutuhkan.
    • Mengenai hal ini, tentunya tidak perlu disikapi secara pesimis terlebih dahulu. Sebab dalam pekerjaan, akan terdapat posisi yang fleksibel mengenai kualifikasi.

 

Hal – hal tersebut diatas tentunya hanya sebagian dari sekian banyak alasan seseorang masih memilih – milih pekerjaan. Tidak ada yang salah, namun yang perlu diingat adalah bahwa didalam hidup semua membutukan perjuangan dan pengorbanan.

 

Semoga semua hal dapat kita terima dengan penuh rasa syukur. Dan bagi yang masih mencari pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan yang diimpikan dan jangan berputus asa. Semoga bermanfaat.***(dms)

 

Kategori :