RADAR PENA - Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dengan mudah?. Berikut ini adalah tips dan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar terbaru.
Apa Itu Surat Lamaran Kerja?
Surat lamaran kerja adalah surat yang harus ditulis oleh pelamar kerja untuk mendaftar di suatu perusahaan. Surat lamaran kerja biasanya berisi tentang informasi latar belakang pendidikan dan profil pelamar kerja.
Perlu diketahui bahwa baik dan buruknya surat lamaran kerja menjadi satu penentu diterima atau tidaknya seorang pelamar kerja.
Hal tersebut dikarenakan surat lamaran kerja merupakan dokumen yang biasa dikirimkan dan membuatnya penting.
Ciri-Ciri Surat Lamaran Kerja yang Baik
Berikut ini merupakan hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja:
- Jelaskan Kota dan Tanggal Penulisan Surat
- Cantumkan Lampiran dan Perihal
- Tulis Alamat Perusahaan yang Dituju
- Jangan Lupa Salam Pembuka
- Jelaskan Identitas Diri Secara Jelas dan Singkat
- Memiliki Maksud dan Tujuan
- Mencantumkan Lampiran yang Dimaksud
- Cantumkan Kalimat Penutup
- Jangan Lupa Akhiri Surat dengan Tanda Tangan dan Nama
- Tulis Subjek pada Email
Cara Buat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik
Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dengan cara tulis tangan supaya rapi dan bagus?. Perhatikan poin-poin berikut:
- Pahami secara utuh apa saja syarat wajib yang harus dilampirkan di surat lamaran kerja.
- Buat draft terlebih dahulu sebelum menulis surat lamaran kerja. Susun konsep dan pilih kata dan kalimat yang baik terlebih dahulu sepaya tidak bingung saat menulis.
- Pahami ukuran kertas yang ditentukan oleh perusahaan pembuka lowongan kerja. Pada umumnya kertas yang dipakai berupa kertas dengan ukuran A4 dan F4, folio bergaris atau HVS polos.
- Gunakan garis bayangan supaya tulisan lebih konsisten dan rapi serta tidak naik turun.
- Gunakan Bolpoin tinta berwarna hitam.
- Jangan bertele-tele dan gunakanlah kata baku secara singkat, padat dan jelas.
- Tulis serapi mungkin sesuai draft yang telah dibuat.
- Cantumkan materai di surat lamaran kerja atau tidak.
- Periksa keseluruhan kata dan kalimat untuk menghindari kesalahan di surat lamaran kerja yang akan dikirim.
Contoh Format Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan: Klik di Sini
Cara Buat Surat Lamaran Kerja di Microsoft Word
Berikut ini merupakan cara membuat surat lamaran kerja menggunakan Microsoft Word:
- Buka Microsoft Word
- Buat dokumen baru pada Microsoft Word
- Sebelum menulis baiknya tentukan layout dan margin serta ukuran kertas
- Gunakan kertas ukuran A4 atau bisa juga F4 tergantung ukuran kertas yang diminta.
- Atur Margin untuk batas penulisan, ukuran margin bawah terbaik adalah 1 dan margin samping 0,63.
- Masukkan informasi dan data yang dibutuhkan dan lengkapi surat lamaran kerja berdasarkan konsep yang seudah dibuat
- Jangan lupa periksa semua penulisan sebelum dikirim untuk menghindari typo.
Contoh Format Surat Lamaran Kerja Microsoft Word: Klik di Sini
Demikian informasi seputar cara buat surat lamaran kerja dengan mudah dan contoh formatnya. Semoga bermanfaat.